Cara Mengganti Password cPanel

Mengganti password cPanel tidak hanya harus dilakukan ketika Anda lupa saja, tetapi sangat penting jika dilakukan berkala. Karena disamping pihak penyedia hosting yang menyediakan keamanan standar, namun Anda juga bertanggungjawab atas data-data milik Anda yang berada di dalam sebuah web hosting. Sebenarnya keamanan yang disediakan oleh penyedia hosting tidak ada yang paling aman. Pasti akan ada celah dalam sistem keamanan meskipun belum diketahui saat ini tetapi bisa diungkap di masa mendatang. Seperti kata pepatah mengatakan ” No system is safe“. Untuk itu Anda juga perlu mengupayakan keamanan website dan data-data Anda sendiri di samping keamanan dari pihak penyedia hosting. Termasuk juga dengan mengganti password cpanel secara berkala.

Cara mengganti password cpanel bisa dilakukan melalui member area hosting atau melalui cpanel sendiri. Untuk mengganti password langsung dari dalam akun cpanel dapat dilakukan dengan syarat Anda tidak lupa akan password Anda. Karena untuk bisa mengubahnya, Anda harus login ke cpanel terlebih dahulu. Kemudian klik username Anda di pojok kanan atas, lalu akan muncul pilihan “Password & Security“. Di menu tersebut Anda dapet mengganti password cpanel.

Sedangkan untuk mengganti password melalui member area hosting lebih mudah. Anda dapat menggantinya sekalipun Anda lupa passwordnya. Ikuti langkah-langkah berikut.

Yang harus Anda lakukan pertama adalah login ke member area (member.eramedia.net). Apabila Anda melupakan password member area, Anda dapat melakukan reset password dengan klik tombol “Forgot Password“. Setelah login Anda akan berhadapan dengan tampilan seperti ini.

Selanjutnya Anda klik pada detail hosting yang ingin diganti passwordnya.

Di tampilan berikutnya, Anda akan melihat menu “Change Password” di sebelah kiri. Klik menu tersebut untuk mengganti password.

Selanjutnya, Anda hanya perlu memasukkan password baru yang Anda inginkan. Disarankan, untuk menggunakan password yang kuat, yaitu dengan kombinasi huruf kecil, huruf kapital, angka dan simbol-simbol. Dan JANGAN gunakan password yang sama dengan password yang pernah Anda gunakan sebelumnya.

Sekian semoga bermanfaat jika suatu saat Anda melupakan password cpanel Anda, atau untuk update password secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *